Pasar rokok di Indonesia adalah salah satu terbesar di dunia. Oleh karena itu, tak heran bila ada banyak perusahaan rokok yang didirikan di dalam negeri dan menjadi perusahaan terbesar di Indonesia 2022. Dari sekian banyak perusahaan rokok yang beroperasi, berikut ini adalah 10 perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

banner sutomo tower - 10 Perusahaan Rokok Terbesar Di Indonesia

10 Perusahaan Rokok Terbesar di Indonesia

Di bawah ini adalah daftar 10 perusahaan rokok terbesar di Indonesia, antara lain:

  1. PT HM Sampoerna

    PT HM Sampoerna ini merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar dan juga tertua di Indonesia. Hingga tahun 2018 lalu, PT HM Sampoerna masih menguasai pasar rokok nasional senilai 33,4%. Perusahaan yang satu ini mempunyai karyawan sebanyak 28 ribu dengan total produksi mencapai 101,3 miliar batang sigaret.

  2. PT Gudang Garam

    10 perusahaan rokok terbesar di Indonesia berikutnya adalah PT Gudang Garam yang berpusat di Kediri, Jawa Timur. Pabrik rokok ini didirikan oleh Tjoa Jien Hwie pada tanggal 26 Juni 1958. Produk andalan dari perusahaan ini yaitu sigaret kretek merek Gudang Garam Merah. Gambar utama: perusahaan gudang garam

  3. PT Djarum

    PT Djarum adalah pionir rokok kretek di Indonesia yang berlokasi di Kota Kudus, Jawa Tengah. Pendiri dari perusahaan ini adalah Oei Wie Gwan yang merupakan seorang mantan pengusaha mercon di Rembang, Jawa Tengah. Produk unggulan dari pabrik rokok ini adalah Djarum Super.

  4. PT Bentoel Internasional Investama

    Perusahaan rokok ini didirikan oleh Ong Hok Liong pada tahun 1931 dengan nama Strootjes Fabriek Ong Hok Liong di Malang. Kemudian pada tahun 1954, pendirinya mengganti nama pabrik menjadi PT Perusahaan Rokok Tjap Bentoel. Pada tahun 2011, perusahaan ini melepaskan 13 persen sahamnya ke perusahaan multinasional bidang keuangan, Union Bank of Switzerland.

  5. PT Wismilak Inti Makmur

    PT Wismilak Inti Makmur ini didirikan sebagai pusat perusahaan yang menaungi PT Gelora Djaja sebagai produsen dan PT Gawih Jaya sebagai distributor pada tahun 1994. Nama Wismilak sendiri berasal dari ucapan dalam Bahasa Inggris yakni wish me luck yang artinya semoga berhasil.

  6. PT Nojorono Tobacco International

    PT Nojorono Tobacco International merupakan salah satu pabrik sigaret yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah. Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini terkenal dengan merek sigaretnya yakni Minak Djinggo dan Class Mild.

  7. Perusahaan Rokok Lainnya

    Selain enam perusahaan rokok yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa perusahaan rokok lain yang ada di Indonesia. Pabrik rokok ini masuk ke dalam skala produksi menengah dan kecil. Beberapa perusahaan yang cukup terkenal contohnya PT Sumatera Tobacco Trading Company dengan merk rokok Marcopolo, PT Sukun yang memiliki produk unggulan Sukun Filter Executive, PT Aroma Tobacco International dengan produk unggulannya sigaret Aroma.

Demikian penjelasan mengenai 10 perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Semoga bermanfaat.