Memilih kantor untuk perusahaan kita merupakan hal penting yang wajib diperhatikan karena akan berpengaruh besar kepada kinerja dan operasional bisnis kita kedepannya. Berikut beberapa tips memilih kantor untuk perusahaan baru:

  1. Pastikan anda memang benar-benar membutuhkan kantor

    Pelajari dahulu apakah perusahaan anda memang benar membutuhkan kantor fisik atau bidang usaha anda lebih bersifat mobile.

  2. Pilih lokasi yang tepat

    Memilih lokasi yang tepat bukan hanya strategis, tetapi lebih menyesuaikan area bisnis anda. Jika lingkup usaha anda lebih banyak keluar kota, maka tidaklah perlu memaksakan diri untuk memilih kantor untuk perusahaan anda di inti kota. Bisa bisa anda terjebak macet.

  3. Sesuaikan budget dan bandingkan harga

    Janganlah memaksakan diri untuk memilih kantor untuk perusahaan anda. Banyak alternatif lain yang bisa anda cari. Jangan sampai setelah menyewa kantor, anda kesulitan untuk menutupi biaya operasional. Bandingkanlah harga sewa kantor dengan gedung perkantoran sekitar target untuk pembanding.

  4. Mengetahui developer atau pengelola gedung perkantoran tersebut

    Jika anda sudah menetapkan pilihan kantor, pastikan anda mengetahui dan dapat menghubungi pengelola gedung perkantoran tersebut. Sebaiknya lebih mengutakan pengelola yang juga pemilik gedung perkantoran tersebut. Sutomo Tower dikelola oleh pemiliknya secara langsung.

  5. Keamanan gedung perkantoran

    Keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum anda menyewa lokasi untuk bisnis anda. Pastikan tingkat keamanannya tinggi. Perangkat cctv, kartu akses, sistem patroli untuk masuk ke area kerja bisnis anda, dan sebagainya.

  6. Layanan yang baik

    Biasanya sebuah gedung perkantoran yang baik akan memberikan layanan yang baik pula. Coba perhatikan sekeliling gedung perkantoran apakah diisi oleh staf yang terampil dan terlatih, apakah bangunan gedung tersebut terawat dengan baik.

  7. Fasilitas dan fisik bangunan

    Pelajari juga fasilitas apa yang tersedia dalam gedung perkantoran yang akan anda sewa. Terkadang kita tidak diizinkan memasang fasilitas walaupun tidak disediakan oleh pengelola gedung dengan alasan tertentu.

  8. Baca kontrak sewa menyewa kantor dengan baik

    Jangan sampai anda membuat kesalahan fatal dengan tidak membaca kontrak sewa menyewa kantor. Jika anda merasa ada yang tidak sesuai sebaiknya segera diskusikan dengan pengelola gedung perkantoran untuk merevisi pasal yang tidak wajar tersebut.

Demikianlah tips memilih kantor untuk perusahaan baru anda. Anda juga dapat mencari beberapa referensi luar untuk melengkapi pengetahuan dan apa yang perlu anda perhatikan sebelum memilih kantor sewa.