Tips Memilih Ruang Kantor bagi StartUp | Bisnis StartUp telah menjadi Incaran Banyak Milenial dalam memulai sebuah usaha. Namun, apakah sebuah startup harus memiliki kantor fisik? Nah, dengan memiliki kantor fisik bisnis startup akan menjadi lebih berkelas di mata public. Tidak hanya itu sisi prestis juga akan ikut meningkat dengan adanya kantor. Berikut beberapa tips memilih ruang kantor bagi startup:

Kebutuhan dan Visi StartUp Selama Sewa Kantor

Kebutuhan sewa kantor akan sangat dipengaruhi dari tingkatan dari startup itu sendiri. Jika startup masih dalam tahap merintis, tentu kebutuhan kantor akan berbeda dengan startup dalam tahap pengembangan.

Startup dalam tahap merintis biasanya hanya beranggota paling banyak 5 orang. Bahkan ada juga yang hanya beranggotakan 2 orang saja. Dalam kasus seperti ini akan disarankan untuk memilih ruang kantor bersama seperti co-working space.

Jika Startup dalam tahap pengembangan biasanya beranggotakan lebih dari 15 orang. Startup dalam akan sangat disarankan untuk memilih ruang kantor yang lebih luas. Ataupun ruang kantor sendiri. Hal ini harus dipikirkan kembali dikarenakan startup dalam tahap ini memiliki kemungkinan paling besar dalam menambahkan anggota hingga dua kali lipat. Maka tidak adanya salah memiliki ruang kantor tersendiri.

Lokasi

Bisnis StartUp secara umum akan memerlukan waktu lebih untuk berkumpul dengan tim dengan tujuan akan melahirkan ide-ide kreatif. StartUp tidak memerlukan gedung yang memiliki fasilitas-fasilitas super lengkap, fasilitas seadanya sudah cukup. Lokasi yang harus dipertimbangkan adalah lokasi yang dekat dengan semua anggota dari startup itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, ide kreatif akan muncul kapanpun dan dimanapun. Maka lokasi yang dekat dengan semua anggota akan sangat berpengaruh.

Lokasi yang jauh dari semua anggota akan menyebabkan kehilangkan ide-ide kreatif itu dalam waktu menuju kantor yang sangat jauh. Hal itu tentu harus diminimalisir sedemikian rupa.

Biaya Sewa

Banyak StartUp terhenti karena masalah ini. Jangan anggap remeh masalah ini. Dikarenakan isu ini menjadi masalah utama dalam membangun startup, dalam memilih ruang kantor harus disesuaikan dengan kondisi budget yang telah diperhitungkan bersama. Namun jangan semata-mata harus memilih kantor yang murah, menjadi startup tidak memperoleh kenyamanan.

Fasilitas yang ditawarkan ruang kantor juga harus dipertimbangkan. Namun harus diingat dengan budget yang cukup minim, fasilitas yang diperoleh juga tidak akan fasilitas super lengkap. Yang harus diperhatikan adalah fasilitas yang memang sangat diperlukan, seperti keamanan ruang kantor itu sendiri.

Wajib bisa overtime

Fasilitas ini wajib ada ketika memilih sewa kantor. Dengan adanya overtime charge akan mengakibatkan waktu yang sangat mengekang bagi startup. Seperti yang telah kita ketahui bersama, ide kreatif tidak hanya muncul ketika jam kerja. Startup sangat memerlukan waktu yang fleksibel.

Sebagai referensi Anda, silahkan berkunjung ke SutomoTower. Segala keperluan yang diperlukan startup telah dipikirkan oleh SutomoTower.