Desain Tata Ruang Tertutup | Tata letak ruang dalam kantor memengaruhi kinerja karyawan di dalamnya. Desain tata letak harus disesuaikan dengan jenis perusahaan yang akan dibentuk. Desain yang sesuai akan mendorong karyawan menjadi lebih efektif dalam bekerja.

Fasilitas di dalam ruang kantor juga akan mendukung kinerja karyawan. Desain kantor akan lebih baik jika difokus ke tata letak dan dekorasi selain dari fungsi utama ruang kantor itu.

Desain tata ruang tertutup

Salah satunya adalah kantor desain tata ruang tertutup. Kantor jenis ini sangat banyak digunakan. Ruang kantor yang menggunakan banyak dinding pembatas. Memang sekilas terlihat sangat membosankan. Namun ruangan seperti itu malah dapat menjaga konsentrasi karyawan dan meningkatkan produktivitas. Pilihan terbaik juga untuk para pekerja yang tidak mau diganggu oleh orang lain.

Berikut kelebihan dan kelemahan yang akan dijelaskan lebih mendetail.

Kelebihan

Menjaga privasi

Privasi setiap karyawan akan menjadi lebih terjamin. Tidak adanya gangguan dalam mengerjakan tugasnya. Bahkan dapat melakukan proyek dan tugas penting tanpa diketahui banyak orang

Tidak banyak perbincangan

Tidak akan banyak dilakukan komunikasi antar karyawan. Sehingga karyawan akan menjadi lebih fokus dalam menyelesaikan perkerjaan. Dan tidak menghabiskan banyak waktu dalam menyelesaikan hal-hal yang tidak berguna.

Bekerja Dengan Gaya Masing-Masing

Bebas berekspresi sehingga dapat meyelesaikan permasalahan dengan gaya masing-masing. Mengatur segala sesuatu di dalam ruang kantornya untuk meningkatkan rasa nyaman. Membuat karyawan menjadi betah di ruangan tersebut

Kekurangan

Sulit Mengawasi Karyawan

Kesulitannya dalam mengawasi setiap karyawan yang bekerja. Tidak efisiennya waktu untuk mengawasi setiap karyawan. Karyawan dapat bekerja diluar dari alur pekerjaan yang telah direncanakan.

Tidak adanya komunikasi antar karyawan

Tidak adanya komunikasi dapat menyebabkan berbagai permasalahan. Kesenjangan antar karyawan pun akan terciptakan. Adanya rasa tidak percaya antar karyawan. Dan tentu kerjasama timn tidak dapat terwujud dengan adanya sekat-sekat diantara para karyawan.

Lebih mahal

Diperlukan biaya tambahan dalam membangun tata ruang kantor tertutup. Fasilitas tambahan yang diperlukan akan menambah biaya pembentukan fasilitas tersebut.