Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup | Ruang kantor terbuka dan tertutup sebenarnya sama-sama menyenangkan selama desain ruang sesuai dengan kebutuhan para karyawan. Ruang kantor terbuka sebenarnya merupakan sebuah ruang kantor yang di dalamnya terdapat banyak karyawan sehingga ruangan didesain secara terbuka dan tanpa adanya sekat atau pembatas ruangan. Ruangan yang didesain secara terbuka seperti ini tentunya akan terkesan lebih luas walaupun di dalamnya terdapat banyak karyawan. Bahkan ruangan bisa saja terlihat lebih luas daripada kondisi yang sebenarnya. Umumnya pada ruangan kantor yang terbuka terdapat satu meja khusus yang digunakan baik oleh satu karyawan atau beberapa orang karyawan.

Lain halnya dengan ruang kantor tertutup yang didesain dengan adanya banyak sekat. Biasnaya rung kantor tertutup didalamnya terdapat sekat berupa dinding-dinding pembatas. Kondisi ini tentunya lebih menjamin privasi masing-masing karyawan sehingga aktivitas pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih leluasa. Namun ada pula ruang kantor tertutup yang menggunakan sekat dari partisi ataupun bahan lainnya dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Sekat pada dasarnya berfungsi untuk membatasi pandangan mata antara karyawan yang satu dengan yang lainnya. Dengan adanya sekat ini maka diharapkan agar masing-masing karyawan bisa lebih memusatkan fokus terhadap pekerjaannya.

Baca juga: Pengaruh Besar Furniture Kantor Terhadap Produktivitas Kerja | sewa kantor di medan

Kelebihan Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup

Masing-masing jenis ruang memiliki kelebihan baik ruang terbuka maupun ruang tertutup.

  • Ruang kantor yang terbuka umumnya terkesan lebih luas sehingga para karyawan bisa bekerja dengan lebih leluasa.
  • Kelebihan ruang kantor terbuka bagi pimpinan adalah mudahnya pengawasan terhadap kinerja para karyawan.
  • Selain itu pimpinan bisa dengan lebih mudah berkomunikasi pada seluruh karyawan serta melakukan pembagian tugas dengan cepat dan baik. Komunikasi antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lain juga bisa berlangsung dengan lebih cepat sehingga komunikasi bisa berlangsung dengan lebih lancar.
  • Sedangkan ruang kantor tertutup terkesan seolah lebih menjaga privasi masing-masing karyawan. Adanya sekat pembatas di ruang kantor tentu diharapkan agar dapat mendorong masing-masing karyawan agar lebih fokus terhadap aktivitas pekerjaannya.

Berdasarkan penataan interior ruangan maka ruang kantor terbuka tentunya lebih banyak memberikan kesegaran karena adanya ventilasi yang cukup. Selain itu ruang kantor terbuka tentu terkesan lebih luas sehingga ruang gerak karyawan tidaklah terbatas. Adapun ruang kantor tertutup cenderung lebih tertutup sehingga karyawan bisa lebih bebas dalam melakukan hal apapun.

Kerugian Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup

Ada keuntungan namun ada pula kelemahan dan kerugian dari ruang kantor terbuka dan ruang kantor tertutup.

  • Ruang kantor terbuka tentunya membuat karyawan tidak bisa fokus kerja. Konsentrasi masing-masing karyawan bisa saja terganggu karena adanya gangguan dari luar baik berupa kegaduhan maupun suara bising maupun ajakan dari karyawan lain untuk bercanda atau lainnya.
  • Pada ruang kantor terbuka tentunya rahasia pekerjaan tidak dapat terjaga karena tidak ada sekat pembatas sehingga tidak ada privasi antara karyawan yang satu dengan yang lain. Sedangkan pada ruang kantor tertutup dibutuhkan biaya operasional yang lebih mahal.
  • Pada ruang kantor tertutup terdapat sekat pembatas sehingga privasi kerja masing-masing karyawan bisa lebih terjaga. Namun tentunya dibutuhkan biaya operasional untuk biaya lampu atau listrik serta biaya lainnya. Selain itu ruang kantor tertutup membuat pimpinan mengalami kesulitan untuk mengawasi para karyawan. Pimpinan tidak dapat mengontrol karyawan sehingga kinerja para karyawan tidak dapat dilihat.
  • Ruang kantor tertutup tentunya juga membutuhkan lahan yang lebih luas untuk meletakkan sekat pembatas. Dengan kata lain ruang kantor tertutup membutuhkan biaya yang lebih daripada ruang kantor terbuka.

Manfaat Ruang Kantor Terbuka dan Tertutup

Ruang kantor terbuka merupakan desain yang tepat bagi sebuah perusahaan dimana atasan atau pimpinan bisa mengawasi langsung para karyawannya.

  • Pengawasan dan kontrol bisa dilakukan dengan lebih leluasa sehingga kinerja setiap karyawan bisa dipantau. Komunikasi lebih lancar dan sosialisasi bisa terjalin lebih baik karena tidak adanya dinding pemisah antara masing-masing karyawan.
  • Tentunya ruang kantor terbuka lebih bisa mempererat rasa persaudaraan antara karyawan yang satu dengan yang lain. Namun ruang kantor tertutup juga memiliki manfaat tersendiri terutama bagi kemajuan perusahaan.
  • Ruang kantor tertutup cenderung mendorong seluruh karyawan untuk bekerja dengan fokus. Adanya sekat pembatas atau dinding pemisah antara karyawan yang satu dengan yang lain akan mendorong masing-masing karyawan untuk tetapmemusatkan konsentrasi pada pekerjaannya saja. Selama karyawan bekerja tidak akan ada kebisingan yang bisa mengganggunya sehingga para karyawan bisa bekerja dengan lebih baik.

Baik ruang kantor terbuka maupun ruang kantor tertutup sama-sama memiliki manfaat tersendiri bagi perusahaan. Ruang kantor terbuka dapat menekan pengeluaran perusahaan sedangkan ruang kantor tertutup bisa memicu semangat kerja karyawan.

Sumber: jojonomic.com

Tags: SEWA KANTOR DI MEDAN, SutomoTower, Ruang Kantor Medan, Sewa Kantor