Perbedaan dari Virtual Office dan Kantor Konvensional | Banyaknya perusahaan yang lebih memilih menggunakan virtual office daripada kantor konvensional membuat banyak orang penasaran dengan kelebihan dari virtual office itu sendiri. Berikut kelebihan dan perbedaan dari virtual office dan kantor konvensional:

Ruang kantor

Ruang kantor yang digunakan kedua jenis kantor ini sangatlah berbeda. Dimana dengan menggunakan kantor konvensional setiap staff akan bekerja pada satu tempat. Terpaku dengan satu ruangan kantor. Berbeda halnya dengan virtual office, dimana virtual office tidak memiliki satu patokan ruang kerja dalam melakukan pekerjaan. Dimanapun dapat melakukan pekerjaan asalkan dapat menggunakan komputer. Komputer yang telah dijadikan sebagai media ruang kerjanya.

Biaya Pendirian

Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan virtual office terbilang sangat minim. Dikarenakan hal ini virtual office menjadi incaran bagi perusahaan start-up. Sangat berbeda halnya dengan kantor konvensional yang memerlukan biaya yang besar dalam membangun bangunana yang luas.

Baca juga: Sewa kantor di medan, Panduan Memilih Ruang Kantor Yang Ideal

Fasilitas

Dalam virtual office, fasilitas hanya diperoleh sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan oleh penyewa ruang kantor. Tidak dapat memilih fasilitas sesuai dengan keperluan kantor. Berbeda dengan kantor konvensional, yang kelengkapan fasilitas sangat disesuaikan dengan kebutuhan kantor dan biaya yang telah dianggarkan.

Biaya operasional dan perawatan

Biaya operasional virtual office sangatlah murah. Tidak diperlukan biaya tambahan dalam melakukan perawatan virtual office seperti petugas keamanan dan petugas kebersihan. Sedangkan kantor konvensional memerlukan biaya tambahan yang relatif mahal untuk setiap keperluan perawatan.

Efisiensi kerja

Pada virtual office tidak akan terikat oleh waktu kerja kantor. Pekerja dapat melakukan pekerjaan dimana saja tanpa perlu berada di dalam kantor. Tidak perlu terkejar waktu untuk melakukan aktivitas kantor.

Kantor konvensional akan dituntut mengikuti setiap jadwal yang telah disusun untuk para pekerja. Ketepatan waktu kerja akan sangat dituntut dalam kantor konensional. Akan sangat buruk bagi pekerja dengan memerlukan perjalanan jauh dalam menjangkau kantor. Akan banyak waktu yang tidak produktif terbuang dalam perjalan menuju kantor.

Baca juga: Keuntungan Nyata dari Penggunaan Ruang Kantor konsep Minimalis

Kreativitas Kerja

Virtual office yang tidak terikat bekerja dari jam 8 pagi hingga 5 sore memberikan keuntungan besar termasuk di dalamnya hal kreativitas kerja. Dimana para pekerja akan melakukan pekerja ketika telah memperoleh ide kreatif. Berbeda dengan kantor konvensional yang diharuskan tetap bekerja meskipun sedang memiliki beberapa permasalahan yang dapat mengurangi kreativitas.

Tekanan Kerja dari Rekan dan Atasan

Tidak memperoleh tekanan dari rekan dan atasan mengartikan bahwa minimnya waktu bertemu dengan rekan dan atasan. Hal ini memberikan dampak positif dan negatif. Namun menurut penelitian bahwa rendahnya tekanan akan mengurangi stress dan meningkatkan produktivitas kerja. Berbeda dengan kantor konvensional yang mengharuskan untuk setiap kali bertemu dengan rekan kerja dan atasan yang akan meningkatkan tekanan yang luar biasa. Biasanya tekanan dari rekan muncul dari persaingan ketat antar rekan dan adanya pengawasan ketat dari atasan.

Beban biaya harian karyawan

Pengguna virtual office akan mengeluarkan sedikit biaya harian yang sangat diperlukan untuk masalah transportasi, makan, hiburan.