Konsep dasar Area Kantor | Bekerja di dalam perusahaan mengharuskan para pekerja untuk menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam ruang kantor. Dari suasana hingga tata letak akan selalu berpengaruh pada para pekerja. Ruang kantor yang digunakan akan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kreativitas para pekerja di dalamnya.

Berikut beberapa konsep dasar desain atau tata letak area kantor yang perlu diperhatikan:

  1. Konsep Kubikal

Konsep ini adalah konsep yang diaplikasikan dengan cara melakukan penyekatan meja antar para pekerja. Sehingga memberikan ruang dan privasi kepada pekerja yang bersangkutan. Penggunaan ini hanya untuk satu orang saja. Pekerja dapat berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaannya sehingga akan lebih produktif. Namun para pekerja akan sulit berkomunikasi dengan pekerja lainnya. Sebagai akibatnya akan berkurang tingkat kolaborasi antar pekerja.

  1. Konsep Terbuka

Konsep yang bertolak belakang dengan konsep kubikal. Konsep yang tidak memberikan penyekat sama sekali antar pekerja. Bahkan untuk pekerja antar divisi. Semuanya akan dikolaborasi dalam satu ruangan. Produktivitas para pekerja akan menjadi lebioh fleksibel dan akan mempermudah koordinasi antar divisi. Dikarenakan tidak adanya penyekat antar pekerja, privasi dari para pekerja sangat rendah. Dan akan kesulitan dalam berkonsentrasi dalam bekerja.

  1. Konsep Gabungan

Konsep yang menggabungkan konsep kubikal dan konsep terbuka. Akan ada ruang yang terbuka untuk para pekerja dapat berkoordinasi dengan mudah dan ruangan yang tertutup. Biasanya ruangan tertutup akan dijadikan sebagai tempat yang memerlukan konsentrasi dan privasi yang tinggi. Biasanya ruang terbuka adalah tempat dalam bekerja dan tempat tertutup akan dijadikan tempat rapat.