Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif | Sebuah penelitian menemukan efek desain ruang kantor yang efektif terhadap kinerja para pekerja. Konsep ruang kantor yang efektif akan memfasilitasi pemikiran kreatif pekerja. Dengan desain ruang kantor yang efektif tidak hanya berdampak pada pekerja namun akan berdampak positif terhadap kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Apa itu tata ruang kantor?

Menurut George Terry dalam bukunya “Office Management and Control”: tata ruang kantor merupakan penentuan kebutuhan ruang dan tentang penggunaannya secara terinci dari ruang-ruang tersebut agar para karyawan dalam dengan layak melakukan pekerjaannya, baik fisik ataupun secara mental. Tata ruang kantor dapat disimpulkan menjadi sebuah penggunaan peralatan secara rinci di dalam ruang kantor.

Tujuan Tata Ruang Kantor

  • Menciptakan kenyamanan bekerja bagi para pegawai.
  • Mencegah penghamburan tenaga dan waktu pelaksanaan kerja.
  • Memungkinkan pemakaian ruangan secara efisien.
  • Mencegah para pegawai lain menganggu atau terganggu.
  • Menjamin kelancaran proses pekerjaan.
  • Memberikan kesan yang baik bagi para pegawai.
  • Memberikan kesan yang baik bagi para tamu.

Hal yang perlu Diperhatikan dalam Menata Ruang Kantor

Terdapat 4 hal yang perlu dilengkapi agar dapat tercipta suasana yang rapu dan teratur:

  1. Jarak Terpendek

Mengurangi jarak antar meja yang tidak diperlukan. Jarak yang terlalu lebar akan memerlukan pekerja melakukan beberapa langkah menuju meja lain.

  1. Rangkaian Kerja

Dalam hal ini jarak dalam menjangkau peralatan yang sering digunakan oleh pekerja. Usahakan tidak berada pada lokasi yang jauh ataupun terpisah dengan meja yang berbeda. Hal ini akan mengurangi pergerakan sehingga tidak akan membuang2 banyak waktu secara sia-sia.

  1. Penggunaan ruang kosong

Tidak adanya ruang kosong yang tidak terpakai. Manfaatkan semua ruang kosong yang ada dengan meletakkan hiasan yang dapat meningkatkan kreativitas dari pekerja.

  1. Perubahan suasana tempat kerja

Hal ini hanya perlu dilakukan jika tata ruang kerja mudah diubah. Maka akan disarankan untuk mengubah susunan pada tempat kerja. Hal ini guna meningkatkan kreativitas dan menghilangkan rasa bosan.

Konsep Tata Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif

Setelah mengetahui poin penting dalam menata ruang kantor. Jadi apa sih yang menjadi kriteria dalam mendesain ruang kantor yang ideal dan efektif?

  1. Memiliki jendela

Penggunaan jendela akan menghilangkan kesan tidak nyaman para pekerja. Keberadaan jendela tidak hanya menghilangkan kesan tidak nyaman namun juga berhubungan dengan sirkulasi udara yang masuk dan pencahayaan pada ruangan. Hanya terpapar dengan sinar lampu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Gangguan depresi juga akan terhindari dengan adanya bukaan jendela pada setiap sisi.

  1. Pemilihan warna

Warna dapat memberikan efek khusus kepada para pekerja kantoran. Sangat banyak warna yang dapat mempengaruhi para pekerja, tentu juga efek yang berbeda-beda pula. Seperti warna kuning yang dapat meningkatkan kreativitas, dan warna hijau yang menciptakan unsur ketenangan.

  1. Sentuhan personal di Meja

Akan adanya efek yang berbeda jika para pekerja diperbolehkan memberikan sentuhan personal di meja kerja kerjanya. Pekerja yang diperbolehkan akan mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, dan produktivitas.

  1. Tidak adannya kebisingan dari luar kantor

Isu kebisingan merupakan masalah utama ketika bekerja. Hanya dengan kebisingan saja telah mengurangi produktivitas dari para pekerja.

  1. Hiasan tanamnan hijau

Tanaman hijau dapat menyegarkan kembali suasana dan mood para pekerja. Tanaman hijau juga dapat menyegarkan kondisi mata yang telah lelah bekerja.