Sebagai negara yang besar, Indonesia tentu mempunyai banyak perusahaan terbesar di Indonesia 2022 yang bergerak dalam berbagai bidang. Beberapa perusahaan tersebut ada yang masih berskala kecil namun banyak juga yang sudah berskala besar, bahkan diantaranya ada yang sudah merambah ke mancanegara. Berikut ini adalah beberapa perusahaan paling besar di Indonesia 2022, yang juga sudah merambah ke berbagai negara di dunia, antara lain :

banner sutomo tower - 10 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2022, Paling Kaya dan Paling Berpengaruh

PT. Mayora Indah Tbk.

PT. Mayora Indah Tbk bisa dibilang salah satu dari 10 perusahaan paling kaya di Indonesia 2022 yang mendunia, selain tentunya Garuda Food, Semen Indonesia, PT. Insera Sena / Polygon Bikes, dan yang lainnya. Perusahaan terbesar di Indonesia 2022 ini dibentuk tahun 1982, dan saat ini terkenal dengan berapa produk andalannya seperti Kopiko, yang disukai oleh masyarakat luar.

Yang menarik Kopiko Candy ini juga pernah dikonsumsi oleh para astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional di tahun 2017. Selain itu ada juga beberapa produk Mayora lain yang juga terkenal, seperti biskuit Malkist, dan juga Energen.

Berawal dengan melakukan ekspor ke beberapa Negara ASEAN, kini PT. Mayora Indah Tbk, merambah, ke berbagai negara di Amerika Latin. Saat ini, setidaknya ada lebih dari 80 negara, sudah menjadi pasar bagi Mayora.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Berikutnya ada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, dengan salah satu produk andalannya yaitu Indomie. Selain karena cita rasanya yang enak, dan proses pembuatannya yang praktis, membuat produk tersebut, banyak disukai oleh masyarakat luas. Hasilnya produk Indomie tersebut sudah dijual di lebih dari 80 negara, di berbagai belahan dunia.

Secara tidak langsung, Indofood termasuk salah satu dari 10 perusahaan Indonesia yang beroperasi di Luar Negeri. Lantaran perusahaan tersebut, tidak hanya ada di Indonesia saja, namun juga sudah mempunyai pabrik di Malaysia, Nigeria, Arab Saudi, Kenya dan negara lainnya.

PT. HM Sampoerna (PT. Hanjaya Mandala Sampoerna)

PT.HM Sampoerna, ternyata tidak hanya masuk ke dalam 10 perusahaan rokok terbesar di Indonesia, namun ternyata berhasil menembus 10 perusahaan rokok terbesar di dunia, selain PT. Gudang Garam Tbk, dan PT Djarum.
Awalnya perusahaan tersebut adalah industri rokok rumahan, yang berdiri tahun 1913, dengan salah satu produk andalannya adalah rokok kretek Dji Sam Soe, dan rokok bernikotin rendah A Mild.

Kini mayoritas saham PT. HM Sampoerna tersebut diakuisisi oleh perusahaan sigaret dan tembakau asal Amerika Serikat, Philip Morris International. Yang menarik saat ini perusahaan paling berpengaruh di Indonesia 2022 tersebut, menguasai pasar rokok di Indonesia sebanyak 33,4%

PT. Semen Indonesia

Bisa dibilang PT. Semen Indonesia adalah salah satu dari 10 perusahaan multinasional di Indonesia, terutama BUMN pertama yang berstatus Multinasional corporation. Lantaran berhasil mengakuisisi beberapa perusahaan asing, seperti Thang Long Cement asal Vietnam di tahun 2012.

Hal tersebut tentunya dilakukan untuk memperoleh brand image yang kuat, mengingat sasaran pasar saat ini yang terbilang luas, terutama di sekitar ASEAN, dan juga Asia Selatan. Yang menarik, saat ini Semen Indonesia juga mempunyai pabrik di Myanmar dengan kapasitas produk sekitar 500.000 ton, yang menuju proses pengembangan hingga 1,5 juta ton.

PT. Vale Indonesia Tbk / INCO

Didirikan pada bulan Juli 1968, perusahaan ini memperoleh lisensi dari pemerintah Indonesia, guna melakukan eksplorasi penambangan, pengelolaan dan produksi nikel. Yang menarik perusahaan ini termasuk salah satu perusahaan terbesar dari 10 perusahaan nikel terbesar di Indonesia, selain PT. Bintang Delapan Mineral, dan juga

PT. Aneka Tmbang Tbk / ANTM yang ada di Indonesia.

Saat ini PT. Vale tengah mengoperasikan salah satu operasi tambang dan juga pengolahan nikel laterit terpadu sekaligus terbesar di dunia. Yang lokasinya ada di dekat Sorowako, Sulawesi Selatan.

Astra Agro Lestari, Tbk

Ada juga Astra Agro Lestari , Tbk, ini termasuk perusahaan terbesar dari 10 perusahaan sawit terbesar di Indonesia, selain Smart, Tbk, Dharma Satya Nusantara, Tbk, dan yang lainnya. Dengan keuntungan sekitar 1.438.511 per tahun, membuat perusahaan ini menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan sawit lainnya.

Perusahaan yang awalnya bergerak di bisnis singkong dan karet tersebut ternyata mempunyai perkebunan kelapa sawit yang tersebar di beberapa lokasi di Indonesia, seperti di Riau, Sulawesi dan Kalimantan. Total area lahan kelapa sawit yang dimaksud, pada tahun 2018 sekitar 285,025 Ha, ini yang membuat perusahaan berhasil memenuhi kebutuhan sawit di dalam negeri, dan juga berhasil mengekspor minyak sawit ke beberapa negara yang ada di dunia, seperti China, Pakistan, Bangladesh, Malaysia, dan yang lainnya.

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir / JNE

Apabila membahas tentang 10 perusahaan logistik terbesar di Indonesia, pastinya cukup banyak, mulai dari JNE, TIKI, J&T Express, dan masih banyak yang lainnya. Tahukah Anda diantara berbagai perusahaan logistik tersebut, salah satu perusahaan logistic yang terbesar adalah JNE.

Dimana awalnya perusahaan tersebut didirikan oleh Soeprapto Soeparno, setelah sebelumnya membuat sebuah perusahaan ekspedisi yang bernama TIKI atau PT. Citra Van Titipan Kilat. Hingga akhirnya Soeprapto Soeparno akhirnya meninggal dunia di tahun 2015, dan kini perusahaan yang didirikan pada tahun 1990 tersebut dipimpin langsung oleh anaknya, yang bernama Mohamad Feriadi Soeprapto. Dimana sang anak tersebut kini menjabat sebagai presiden Direktur JNE.

PT. Grada Total Securindo

Bagi Anda yang saat ini membutuhkan jasa keamanan yang dapat dipercaya, maka sebaiknya pilih PT. Grada Total Securindo. Dimana perusahaan yang satu ini termasuk satu yang terbesar dari 10 perusahaan security terbaik di Indonesia, selain, PT. Cakra Mandiri perkasa, PT. Tessim Putra Persada. PT.Progarda Security Indonesia, dan yang lainnya

Perusahaan yang satu ini adalah perusahaan outsourcing, khususnya jasa security yang legal, bersertifikat, dan pastinya sudah mempunyai izin resmi dalam menjalankan usaha perekrutan tersebut. Dari tahun 2006 hingga saat ini, perusahaan yang satu ini berhasil mengelola lebih dari 3.000 karyawan, dan bertugas di lebih dari 500 aset dan properti, dan tersebar di 24 provinsi.

Sepatu Piero

Jika Anda menganggap bahwa merk sepatu yang satu ini berasal dari luar negeri, maka Anda salah besar. Termasuk salah satu dari 10 perusahaan sepatu terbesar di Indonesia. Produsen yang satu ini, menghadirkan sepatu yang berkualitas, dengan model yang terbilang lengkap, sesuai kebutuhan pelanggan.

Menariknya brand yang satu ini merupakan perusahaan lokal asal Yogyakarta yang bernama Djimanto. Dimana nama dari brand tersebut, sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu “Urip” yang berarti hidup. Kata yang digunakan kali ini bukan ejaan baru, melainkan ejaan lama, yaitu “Oerip”, yang kemudian dibalik menjadi “Piero”.

PT. Segar Kumala Indonesia Tbk/ SK-I

Satu lagi dari daftar perusahaan terbesar di Indonesia adalah PT. Segar Kumala Indonesia Tbk, atau yang kerap disingkat jadi SK-I. Dimana perusahaan yang satu ini termasuk salah satu dari 10 perusahaan importir buah terbesar di Indonesia, setelah PT. Indomarine Internusa Group, PT. Ridho Sribumi Sejahtera, Matsubo Corporation, dan yang lainnya.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2017 ini, ternyata tidak hanya bergerak sebagai importir buah-buahan saja, namun juga mengimpor sayuran dari beberapa negara, ke berbagai kota besar yang ada di Indonesia.

Selain beberapa perusahaan terbesar di Indonesia 2022, tentunya masih banyak lagi perusahaan lain yang ada di Indonesia, yang termasuk terbesar, terkenal atau juga paling banyak digunakan. Yang artinya perusahaan tersebut, memang diterima oleh masyarakat luas, dan mampu memenuhi kebutuhan dari para konsumen tersebut.

Bagaimana, apakah sudah mulai termotivasi untuk terus berusaha mengembangkan bisnis atau usaha. Jika sudah saatnya Anda ingin memiliki kantor sendiri agar fokus. Gedung perkantoran di Medan ada Sutomo Tower dengan harga sewa kantor per tahunnya yang kompetitif.

banner sutomo tower - 10 Perusahaan Terbesar di Indonesia 2022, Paling Kaya dan Paling Berpengaruh

sumber gambar utama: emitennews.com